PENANDATANGANAN PERJANJIAN KERJASAMA BMKG DENGAN PEMKOT YOGYAKARTA

  2018-11-17 00:00:00  |     oleh     

Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG)  Republik Indonesia melanjutkan kerjasama dengan Pemerintah Kota Yogyakarta dalam Penempatan Peralatan Peraga Meteorologi, Klimatologi, Geofisika Untuk Pembelajaran Bagi Para Pengunjung Di Taman Pintar Kota Yogyakarta

Bencana Alam, perubahan iklim yang tidak menentu, kekeringan, curah hujan yang tinggi adalah fenomena alam yang sangat akrab dengan kehidupan kita saat ini. Ini mengharuskan masyarakat  dapat membaca perilaku alam sehingga dapat sedini mungkin mempersiapkan diri menghadapi bencana alam yang sewaktu-waktu dapat terjadi kapan saja.

Ruang Lingkup kerjasama ini meliputi :

  1. penyediaan peralatan peraga meteorologi, klimatologi, dan geofisika;
  2. penyediaan software pembelajaran di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika;
  3. pemanfaatan sarana pembelajaran di taman pintar;
  4. penyediaan informasi meteorologi, klimatologi, dan geofisika;
  5. penyelenggaraan kegiatan edukasi di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika;
  6. pemeliharaan alat peraga meteorologi, klimatologi, dan geofisika; dan
  7. pengoperasian alat peraga meteorologi, klimatologi, dan geofisika.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati menyampaikan bahwa, pihaknya dan seluruh anggota BMKG sudah menyiapkan untuk menyikapi generasi milenial.

“Kita sudah menyiapkan generasi milenial generasi yang saat ini masih di TK, SD dan SMP. Merekalah yang akan menjaga keberlanjutan di muka umi khususnya di Indonesia”

Pihaknya menambahkan “Oleh karena itu bagi generasi sekarang, kita harus bertanggungjawab membangun budaya bukan sekedar pendidikan tetapi suatu budaya yang waspada terhadap cuaca extrim, memahami iklim, dan memahami gempabumi” ujarnya.

Sebagai salah satu upaya memasyarakatkan sains, Pemerintah Kota Yogyakarta memiliki Taman Pintar sebagai sebuah science center atau pusat ilmu pengetahuan, yang juga merupakan destinasi wisata pendidikan unggulan di Yogyakarta. Dalam peranannya, Taman Pintar memiliki tugas dan tanggungjawab dalam pengembangan literasi bagi masyarakat, khususnya literasi di bidang sains.

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan, semoga kegiatan ini terjalin terus menerus agar bermanfaat bagi warga kota Yogya.

“Jalinan kerjasama dengan berbagai pihak telah kita laksanakan, salah satu nya dengan Badan Meteorologi Klimataologi dan Geofisika Untuk itu, kami sangat menyambut baik perpanjangan perjanjian kerjasama dengan Badan Meteorologi Klimataologi dan Geofisika, sebab kami melihati banyak sekali manfaat yang didapatkan dari keberadaan alat peraga ini” ujarnya.

Lanjut Haryadi Suyuti berharap dapat memberikan pembelajaran mengenai cuaca dan alam sekitar secara lebih menyenangkan.

kembali
 

Galeri Terbaru

Link